Senin, 01 Juli 2013

Apa Sih Manfaat Kandungan Isoflavon Bagi Kesehatan Itu?


Sebelumnya masih kita bahas apa sih itu Isoflavon itu, untuk singkatnya Isoflavon adalah sebuah nutrisi yang ada pada kedelai dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan meskipun tak dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan yang terkandung seperti susu kedelai, tempe, kacang, dll. Langsung saja ya, berikut ini adalah manfaat dari kandungan isoflavon untuk kesehatan:


 Menurunkan Kadar LDL

LDL adalah kolesterol jahat, sebuah organisasi bernama Food and Drug Administration dari Amerika Serikat pada tahun 1999 tepatnya bulan Oktober mengatakan bahwa kedelai memiliki sebuah kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Sekitar 25 gram protein kedelai perhari yang mengandung isoflavon di percaya bisa menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat hingga 10%. Kedelai adalah sumber yang paling penting dalam kandungan isoflavon karena setiap 110 gram kedelai yang sudah direbus bisa mengandung 47 mg isoflavon bahkan hampir lebih tinggi dari asupan minimum isoflavon yang dianjurkan, untuk perharinya kita dibatas sekitar 25-50 mg setiap harinya.

- Mencegah Osteoporosis

Saya juga sedikit ragu dengan spekulasi yang menyebutkan bahwa isoflavon bisa mencegah sebuah keroposnya pada tulang. Akan tetapi peneliti dari Sichuan University, China mengklaim bahwa asupan isoflavon apabila dipenuhi secara rutin setiap harinya bisa menurunkan terjadinya masalah tulang kropos.

Mencegah Kanker Payudara

Amerika Serikat dan China bekerja sama dalam melakukan penelitian terhadap isoflavon yang bisa mencegah kanker payudara, para peneliti tersebut langsung melakukan hal tersebut dan meneliti asupan isoflavon kedelai pada lebih dari 9000 wanita Amerika Serikat dan China yang sudah selamat dari kanker payudara selama lebih dari 7 tahun. Tim berhasil menemukan bahwa isoflavon bisa menurunkan resiko kambuhnya kanker payudara serta menurunkan tingkat kematian karena kanker payudara.

Mengatasi gejala Menopause


Menopause sendiri adalah sebuah kondisi berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Isoflavon memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan hormon estrogen yakni hormon perempuan dan itulah sebabnya kenapa isoflavon kedelai dianggap bisa membantu dalam mengatasi gejala menopause yang dikarenakan kurangnya hormon estrogen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar