Minggu, 23 Juni 2013

Yuk, Mengenal Apa Itu Generator Listrik


Sekarang ini peranan genset memang terbilang sangat penting, apalagi di Indonesia. Gunanya sebagai pembangkit tenaga listrik alternatif membuatnya sering menjadi alternatif utama apabila terjadi pemadaman listrik. Genset juga memiliki banyak sekali jenisnya salah satunya adalah Generator Listrik, Generator Listrik sendiri merupakan sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik.

Generator biasanya mendorong sebuah muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal akan tetapi generator tak menciptakan listirk yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal tersebut bisa diandaikan dengan sebuah pompa air yang membuat aliran air akan tetapi tak menciptakan air di dalamnya.


Pada pengembangannya generator menggunakan prinsip elektrostatik, mesin Wimshrust menggunakan sebuah induksi elektrostatik atau biasa disebut dengan influence dan Generator pada saat itu adalah milik Van de Graaff menggunakan salah satu dari dua mekanisme ini yakni pada penyaluran muatan dari elektrode voltase-tinggi dan juga muatan yang dibuat oleh efek triboelektrisitas menggunakan pemisahan dua insulator.


Sebelum Genset seperti sekarang ini, Dinamo merupakan generator listrik pertama yang dapat mengantarkan tenaga listrik untuk industri bahkan masih digunakan hingga sekarang seperti genset. Sekarang ini genset menjadi hal utama dalam alternatif pembangkit tenaga listrik, mungkin karena itulah para pebisnis melihat sebuah peluang untuk membuka usaha genset murah di berbagai pelosok dunia terutama di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar