Minggu, 14 Juli 2013

Olahraga Yang Cocok Untuk Berpuasa

Olahraga adalah sebuah gerakan ataupun aktivitas fisik yang bertujuan untuk membuat kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tak hanya kesehatan jasmani tapi juga untuk mendapatkan kesehatan rohani. Olahraga bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, osteoporisis, dll.

Selain itu Olahraga juga sangat berguna untuk menjaga kestabilan kadar kalori kita, saat kita bergerak tubuh akan membakar kalori dan mengubahnya menjadi tenaga. Dengan kata lain kita akan mendapatkan tenaga baru tanpa melakukan makan dan itulah yang dicari oleh orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Jangan berpikir bahwa dengan olahraga akan membuat kita kelelahan setelah itu memaksa kita untuk meminum atau mengkonsumsi sesuatu untuk mendapatkan tenaga, ada berbagai pilihan olahraga yang ringan untuk mendapatkan kesehatan yang stabil meskipun sedang berpuasa. Kendati sedang berpuasa kita tak boleh bermalas-malasan, janganlah menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa.


Berikut ini adalah macam-macam gerakan pilihan yang bisa anda lakukan disaat sedang berpuasa:

1. Senam

Senam adalah sebuah gerakan atau olahraga yang cukup bersahabat untuk mendapatkan kesehatan bagi tubuh kita, ada berbagai macam senam yang tersedia tapi anda jangan terlalu memaksakan diri untuk bersenam. Coba lakukan gerakan-gerakan dasar dalam senam saja, ini dilakukan hanya untuk membakar kalori, ya itung-itung diet gratis.

2. Jogging

Jogging pasti sudah sering anda lakukan, dalam keadaan normal atau tidak berpuasa pasti anda dengan leluasa melakukan Jogging hingga beberapa putaran. Tapi jika berpuasa anda masih tetap bisa melakukan Jogging asal kurangi saja, yang biasanya 5 putaran anda bisa menguranginya menjadi 3 putaran.

3. Jalan Keliling Komplek Rumah

Gerakan ini adalah yang paling sering dilakukan, bahkan para tetangga di dekat rumah saya juga sering melakukannya. Meskipun tidak mengeluarkan banyak kalori tapi tetap saja kita bisa mengambil manfaat yang terdapat dalam gerakan ini, asalkan bisa mengeluarkan keringat.

4. Gerakan Simple

Apa yang dimaksud dengan gerakan simple? Cobalah untuk melakukan gerakan ini:
  • Pertama, anda bisa merentangkan kedua tangan lalu tangan kiri menyentuh tangan kanan tahan selama 20 detik lalu lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan.
  • Kedua, letakan kedua tangan di pinggang seperti dalam posisi tolak pinggang, hadapkan kepala ke sebelah kiri dan ke kanan selama 20 detik lakukan sebanyak 2 kali pengulangan.

Nah, bagaimana selain tubuh sehat bugar, daya tahan tubuh masih tetap fit, puasa pun menjadi lancar terkendali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar