Kamis, 18 Juli 2013

Mengunyah Makan Perlahan Itu Menyehatkan


Meskipun anda dalam keadaan yang benar-benar lapar akan tetapi anda tak harus terburu-buru untuk memasukan makanan itu ke dalam perut dengan mengunyahnya secara cepat karena itu tidak akan memberikan dampak berarti untuk kesehatan. 

Dalam makan kita harus mengunyahnya secara perlahan, selain untuk melatih kesabaran ternyata mengunyah secara perlahan juga baik untuk kesehatan. Hal tersebutlah yang disampaikan oleh seorang ahli spesialis penyakit dalam bernama Dr dr H Ari Fahrial Syam SpPD KGEH FINASIM FACP MMB dalam percakapannya dengan detikHealth.


Menurut dokter itu dengan mengunyah secara perlahan bisa mengurangi nafsu makan dengan baik selain itu mengunyah yang baik juga bisa memberikan kesempatan bagi enzim yang dikeluarkan secara otomatis beban lambung juga tidak terlalu berat.

Seperti yang dilansir oleh detikHealth, dengan mengunyah secara perlahan maka bisa membuat makanan yang akan di masukkan ke dalam perut lebih lembut oleh gigi geligi sehingga lambung juga akan berkurang bebannya serta kerja usus juga tidak terlalu terbebani.

Lebih lanjut dr Ari mengatakan apabila kaitannya dengan puasa mengunyah secara perlahan juga haruslah diterapkan meskipun dalam keadaan lapar berat tapi saat berbuka haruslah santai mengunyah. Puasa adalah kesempatan untuk mengurangi asupan makan.

Selain itu dr Ari juga mengatakan bahwa mengunyah 32 kali itu sangatlah penting dan yang perlu diingatkan adalah bagi orang yang cenderung suka makan, janganlah terburu-buru karena selera makan yang tinggi juga bisa membuat pencernaannya tidak normal.

Pendapat yang dikemukkan oleh pria berkumis itu sama dengan yang para ilmuwan dari University of Birmingham itu buktikkan dan diterbitkan di Jurnal Appetite. Menurut para kelompok peneliti itu bahwa orang yang mengunyah makanan lebih lama maa akan jadi lebih sedikit memakan camilan daripada kebanyakan orang yang mengunyah dengan cepat.

Mengunyah makan dengan baik juga bisa berdampak pada penurunan berat badan karena proses makan juga jadi terasa membosankan, tak hanya itu penelitian yang dilakukan oleh para iluwan China di tahun 2012 lalu juga membuktikan bahwa mengunyah makanan sebanyak 40 kali bisa menurunkan asupan kalori makanan hingga 12%.


Jadi bagaimana? Masih ingin mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru? Biasakanlah hidup dengan cara sehat yang baik, ada baiknya mengunyah sekitar 32 kali untuk mendapatkan kesehatan. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih.s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar