Kamis, 06 November 2014

Inilah 5 Kue Lezat Yang Khas Dari Berbagai Negara


Kue merupakan salah satu panganan lezat yang umumnya memiliki rasa manis. Dengan rasanya yang khas, kue biasanya digunakan bukan saja sebagai cemilan tetapi juga sebagai sajian lezat dalam sebuah perayaan mulai dari keagamaan hingga ulang tahun.

Di Indonesia sendiri, banyak kue tradisional hingga aneka kue kering lezat yang sudah terkenal dan banyak disukai masayarakat, sebut saja Nastar dan Puteri Salju yang biasanya disajikan saat hari raya Idul Fitri.

Berbicara tentang kue, di beberapa negara mulai dari Eropa hingga Asia ternyata memiliki beragam kue khas yang tidak kalah lezatnya dengan yang ada di Indonesia.

Umumnya kue-kue khas dari berbagai negara tersebut selalu disesuaikan dengan keanekaragaman yang ada di negaranya mulai dari rasa, aroma hingga teksturnya.

Berikut beberapa kue khas dari berbagai negara yang memiliki citarasa lezat.

1. Bibingka

Bibingka merupakan salah satu kue khas negara Filipina yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dibungkus oleh daun pisang kemudian ditaburi oleh parutan kelapa.

Bibingka mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal dan umumnya masyarakat negeri Tagalog selalu memakannya saat masih hangat agar lebih enak. Kue ini pun biasa disajikan sebagai makanan khas saat Natal.



2. Croquembouche

Croquembouche adalah Kue tradisional yang merupakan hidangan penutup asal negeri Eiffel dimana nama makanan ini berasal dari bahasa Perancis croque en bouche yang mempunyai makna ‘renyah di mulut’.

Dalam penyajiannya, Croquembouche ini ditempel pada cokelat berbentuk kerucut dan diikat oleh benang karamel yang kemudian dihias oleh almond, bunga, hingga pita.



3. Angel Food Cake

Salah satu Kue spons dari Amerika Utara ini sudah popular sejak abad ke-19. Dinamakan Angel Food atau ‘hidangan malaikat’ adalah karena teksturnya yang halus dan lembut seperti gambaran seorang malaikat.

Bahan utama Angel Food Cake adalah mentega yang kemudian dikombinasikan dengan buah-buahan seperti Strawberry dengan ditambahkan saus manis agar lebih lezat di mulut.

Konon, Angel Food Cake dahulu dibuat oleh orang Amerika keturunan Afrika sebagai panganan wajab saat acara pasca pemakaman.



4. Kue Bulan

Bagi bangsa Chinesse, Kue Bulan merupakan salah satu panganan wajib yang harus disajikan khsusunya saat festival pertengahan musim gugur.

Kue bulan biasanya berisikan kacang merah, pasta lotus, dan telur kuning asin ditengahnya yang melambangkan bulan serta biasanya masyarakat tirai bambu menyajikannya dengan teh khas Cina.

Kue Bulan sangatlah lembut dan nikmat. Bagi masyarkat Indonesia sendiri kue bulan menjadi sangat populer karena mudah di dapatkan untuk disajikan dalam perayaan-perayaan khusus.



5. Black Forest

Bagi Anda penggemar Pastrie, pastinya mengenal kue lembut dengan tekstur lembut ini. Black Forest menjadi sangat fenomenal sebagai kue populer di dunia karena memiliki citarasa lezat dan manis merata.

Black Forest atau Schwarzwalder Kirschtorte yang terdiri dari lapisan bolu coklat dan whipped cream serta buah cherry ini merupakan panganan asli Jerman yang sudah berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia.


Nama Black Forrest atau Schwarzwalder Kirschtorte ini diambil dari sebuah daerah yang terkenal dengan sari ceri campur minuman alkohol yang merupakan komposisi khusus dalam membuat Black Forest.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar