Senin, 12 Januari 2015

Ingin Kue Kering Lezat Maksimal? Simak Tips Membuatnya Berikut Ini


Kue telah menjadi salah satu kduapan lezat bagi setiap orang. Di kala santai, pastinya kue menjadi pilihan utama untuk dicicipi terutama dengan semakin banyaknya variasi kue saat ini.

Disamping kue dengan tekstur lembut, kue kering pun tidak kalah nikmatnya dengan citarasa yang berbeda dan dengan kelezatan yang sungguh membuat setiap orang ingin terus mencobanya lagi.


Dengan semakin praktisnya, kue pun kini bisa dengan mudah di dapatkan di toko aneka kue kering atau di beberapa tempat cake yang menyediakannya. Selain membeli, sebagai sebuah inovasi agar tidak bosan, kue pun sudah banyak dikembangkan dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Meskipun tidak mudah, akan tetapi membuat kue kering sudah dilakukan banyak orang terlebih jika melihat fungsinya dimana kue kering bukan saja sebagai cemilan namun juga bisa sebagai sebuah sajian dalam berbagai acara.

Untuk Anda yang tertarik membuat kue kering di rumah sendiri, berikut tips sukses membuat kue kering sendiri yang perlu Anda ketahui.

- Sebelum membuat, pastikan Anda memiliki konsep dan rencana maksimal terkait dengan jenis dan rasa kue yang akan Anda buat. Apabila sudah, maka siapkan semua peralatan sesuai dengan kebutuhan dan gunakan loyang khusus kue kering yang memiliki dinding cukup rendah.

- Setelah semua peralatan siap, pilih bahan baku berkualitas karena bahan yang terpercaya kualitasnya akan mempengaruhi rasa, aroma dan juga tekstur dari kue kering itu sendiri.

 Khusus untuk tepung, gunakan tepung terigu protein rendah yang cocok untuk membuat kue kering renyah. Tepung terigu berprotein rendah baik digunakan untuk membuat kue kering yang resepnya memerlukan  lemak (mentega atau margarin) dan telur yang tinggi.

Terpung terigu yang memiliki protein rundah tidak akan memberntuk gluten sehingga kue akan menjadi semakin renyah dan enak ketika di gigit.

- Agar adonan tetap lembut dan mudah tercampur rata, pastikan semua bahan kering mulai dari tepung terigu, baking powder, gula, garam dan soda kue di ayak terlebih dahulu agar mampu menciptakan tekstur kue yang maksimal dan baik.

- Mentega atau margarine yang digunakan sebaiknya di kocok dengan gula asal rata, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Pengocokan yang terlalu lama akan membuat lemak meleleh dan kue akan melebar saat dipanggang jado sebaiknya dihindari.

- Jangan memasukkan bahan kering ke dalam adonan mentega sekaligus. Sebaiknya bagi menjadi tiga tahap, dan aduk rata setiap tahap dengan menggunakan sendok kayu atau pisau pastry dengan gerakan perlahan agar kue tidak menjadi keras dan mudah untuk dicetak nantinya.

- Perhatikan waktu dan suhu pemanggangan. Sekalipun sudah diatur, sebaiknya cek sesekali. Karena, terkadang posisi pemanggang juga berpengaruh pada tingkat kematangan.

Proses pematangan kue masih berlangsung, meski kue telah keluar dari oven. Karena itu, kue kering baru matang sempurna setelah betul-betul dingin. Ketika semua sudah diangkat hias kue kering dengan buah ceri atau dengan hiasan lainnya sesuai dengan selera Anda.

Itulah beberapa tips dalam membuat kue kering di rumah. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar