Jumat, 12 Juni 2015

Tahap-Tahap Pembuatan Biji Coklat Menjadi Cokelat Batangan



Coklat adalah makanan yang terkenal dengan memiliki teksturnya yang gelap dan rasanya yang manis. Sering kali makanan ini menjadi kesukaan bagi pencinta coklat di seluruh dunia bahkan setiap negara dipastikan memliki ciri khas tersendiri dalam pembuatannya

Coklat juga memiliki beberapa jenisnya seperti cokelat Couverture, Cokelat tawar dan Cokelat susu dimana semuanya memiliki citarasa tersendiri.


Khusus untuk yang sering di konsumsi diantaranya adalah cokelat Batangan karena sangat mudah kita jumpai dimana saja baik di toko-toko atau supermarket. Bahkan bisa kita temui di media online, coklat batangan yang terbuat dari Coklat Compound Gandum Mas kencana bentuknya sangatlah kotak dan panjang dengan sisi kacang-kacang mede, atau kismis.

Meskipun nikmat, namun bagaimana cara pembuatannya? kali ini mari kita bahas cara membuat coklat batanganmulai dari biji cocoa. Ingin tahu caranya? Simak informasinya berikut ini.

1. Panen

Proses panen adalah tahap yang paling pertama dalam tahap pembuatan coklat. Buah coklat yang di petik dari pohonya, lalu buah dipilih kemudian dipanen dimana proses ini menentukan kualitas coklat yang baik. Sebab sebuah coklat yang matang dan sempurna di pohonnya akan memberikan hasil terbaik dari sisi rasa maupun aroma

2. Fermentasi

Buah coklat yang di petik tadi kemudian harus menjalani masa fermentasi selama 5 hari. Frementasi umumnya menggunakan getah dalam buah coklat itu sendiri. Getah biji akan mengeluarkan enzim alami yang nantinya bisa membuat coklat batangan yang sempurna.

3. Pengeringan

Setelah di fermentasi masuk ke tahap pengeringan tahap ini merupakan tahap yang sangat penting dalam membuat coklat batangan pada tahap ini, biji akan dipilah-pilah berdasarkan berat dan jenisnya. cara mudahnya dengan menghitung berat per 100 gram. dalam 100 gram biji coklat yang bagus, harus terdiri 80-90 biji dan maksimal 95 biji bila diluar jumla tersebut maka kualitasnya akan buruk.

4. Pemangangan

Setelah melewati tahapan satu-persatu kali ini tahap yang terakhir yang membuat biji coklat menjadi coklat batangan setelah coklat di pilah-pilah coklat harus di panggang  biar aromanya keluar pada peroses ini tiap biji memiliki suhu dan waktu pemanggangan yang berbeda-beda.

Itulah proses dan cara membuat cokelat batangan mulai dari biji cocoa. Dengan prosesnya yang cukup rumit, maka tidak dapat dipungkiri hasil coklatnya pun menjadi lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar