Rabu, 30 Oktober 2013

Fakta Unik Tentang Mata Manusia


Mata termasuk dalam panca indra yang dimiliki oleh manusia. Mata berfungsi untuk melihat, tanpa mata kita tidak akan bisa memandang keindahan yang ada di muka bumi ini.

Pentingnya mata sangat dirasakan semua orang, bahkan bagi mereka yang suka melakukan Judi Bola pun mata tidak kalah pentingnya. Mata termasuk organ yang sangat sensitif terhadap apapun, baik itu cahaya ataupun debu. Mata juga termasuk indra yang perawatannya mesti intensif hal ini dikarenakan mata adalah organ yang lebih kompleks yang bisa memberikan pengertian visual.

Selain fakta bahwa mata manusia adalah salah satu organ terpenting bagi semua orang, berikut ini beberapa fakta menarik tentang mata manusia:

1. Mata berkedip setiap 15.000 kali perhari

Berkedip merupakan sebuah fungsi yang sangat penting, yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada permukaan mata hal ini dilakukan agar air mata yang segar bisa disebarkan ke seluruh permukaan mata..

2. Ketika kering, Mata akan berair

Air mata memiliki 3 komponen yang berbeda yaitu diantaranya air, lemak, dan lendir. Jika ketiga komponen ini tidak dalam jumlah yang tepat, maka dipastikan mata kita akan kering. Dan pada sata itu otak akan merespon keadaan kering tersebut dan langsung memproduksi air mata yang ekstra.

3. Mata akan berkembang sempurna ketika usia 7 tahun

Ketika kita menginjak usia 7 tahun maka mata kita akan berkembang dengan sempurna yang secara fisiologis telah mirip dengan mata orang dewasa. Maka sebelum umur 7 tahun, bisa dilakukan perawatan  untuk menyembuhkan mata yang ketajamannya tidak optimal atau yang disebut dengan mata malas. Jika mata malas didiagnosisnya lebih awal maka semakin besar kesempatan untuk bisa menyembuhkannya.

4. Pentingnya kaca mata pada usia tua

Pada usia seseorang mengunjak usia 50 tahun, sudah pasti/mutlak bahwa seseorang tersebut akan memerlukan kaca mata baca pada saat-saat tertentu. Hal ini didukung dengan penelitian yang mengatakan bahwa 99% penduduk dunia bahwa usia pertama yang mulai akan membutuhkan kacamata baca yakni pada usia 40-50 tahun. Hal ini dikarenakan lensa mata secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk bisa focus seiring bertambahnya usia anda.

5. Orang melihat dengan Otak, Bukanlah dengan Mata

Meskipun pada hakikatnya mata berfungsi untuk melihat, tetapi sebenarnya fungsi mata adalah untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan tentanmg subyek yanag akan dilihat. Informasi ini kemudian direspon oleh otak melalui saraf optik. Meskipun proses penglihatan dilalui dengan seperti itu, tetapiu tetaplah mata memiliki peran yang penting bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar