Kamis, 13 November 2014

5 Budaya Asia Yang Bisa Dijadikan Inspirasi Desain Interior


Hunian merupakan salah satu tempat bernaung setiap orang. Bukan semata-mata sebagai tempat berteduh, tetapi rumah juga sebagai media seni yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Dalam membuat kenyamanan yang menarik, rumah bisa diberikan sebuah tema khusus di dalamnya mulai dari modern, vintage hingga tradisional. Jika Anda termasuk yang bosan mengaplikasikan ketiga tema tersebut, cobalah untuk menghadirkan tema bergaya asia di dalamnya.

Banyak negara di Asia yang memiliki keberagaman budaya, sehingga Anda bisa mengaplikasikan keberagaman tersebut dalam sebuah dekorasi yang indah, unik dan menarik sehingga membuat siapapun terpeosona.


Sebagai sebuah inspirasi, berikut 5 negara di Asia yang bisa menjadi inspirasi dalam mewujudkan sebuah desain interior yang menarik.

1. Jepang

Jepang termasuk negara kepulauan di Asia yang memiliki budaya sejak zaman dahulu kala. Keberagaman budaya di Jepang termasuk yang masih di lestarikan hingga sekarang dan tidak tergusur oleh budaya asing.

Berbicara tentang seni, Jepang adalah pusatnya. Untuk Anda yang ingin mengaplikasikan busaya Jepang, mulailah menghadirkan suasana kayu pada beberapa Furniture Indonesia di dalam rumah Anda mulai dari ruang tamu hingga ruang makan.

Untuk dekorasi, gunakan hiasan tanaman Bonsai di setiap sudut ruangan dan juga Anda bisa mengaplikasikan taman dengan nuansa bambu di halaman rumah Anda.

2. Cina

Negara Cina terkenal dengan konsep Orientalnya yang mampu membuat daya pikat tersendiri baik dalam ruangan maupun di luar ruangan. Agar identik dengan negara tirai bambu, gunakan warna merah sebagai background agar terasa nuansa Chineesenya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kayar seni dalam setiap ruangan mulai dari lukisan dinasti kuno, guci-guci unik khas negara cina hingga beberapa konsep kuil yang bisa diwujudkan dalam beberapa hiasan.

3. Thailand

Negara Thailand terkenal dengan keberagaman desain kuil-kuilnya yang megah. Anda bisa menggunakan konsep ini pada ruangan yang menggambarkan kemegahan kuil di negeri gajah putih.

Agar terlihat semakin menawan, Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa warna yang identik dengan negara Thailand mulai dari warna emas, hitam, putih dan perak pada konsep ruang makan.

4. Indonesia

Nusantara atau Indonesia memiliki keberagaman budaya mulai dari sabang hingga merauke. Indonesia terbagi menjadi 5 pulau besar, dari kelima pulau ini Anda bisa mengaplikasikan dekorasi yang unik pada setiap ruangan.

Jika Anda tertarik dengan Pulau Jawa, cobalah bermain dengan dekorasi khas kerajaan dengan aksen batik sebagai background. Untuk Pulau Kalimantan, Anda bisa mengambil konsep Dayak dengan membuat ukiran khas pulang tersebut pada beberapa benda.

Agar semakin meriah dan menarik, coba juga aplikasikan beberapa patung yang unik mulai dari wayang atau patung-patung dan topeng yang sangat erat kaitannya dengan Indonesia.

5. Korea

Interior di negara Ginseng, tidaklah semenonjol Jepang. Namun, untuk bentuk bangunan, Anda bisa terinspirasi dari negara tersebut dimana di Korea umumnya bangunan selalu memiliki ebntuk yang unik khsusnya pada bagia atas.

Agar lebih terasa nuansa Korea yang kenatl, coba juga aplikasikan konsep kekaisaran pada bangunan rumah Anda mulai dari taman yang dihiasi tanaman dan patung, serta pilar-pilar pada rumah yang disusun dengan rapih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar