Selasa, 18 November 2014

5 Kue Lezat Untuk Sajian Natal Di Eropa


Bulan Desember sebentar lagi tiba, meskipun masih beberapa hari lagi namun suasana dan gegap gempita Bulan Desember selalu meriah terlebih bagi beberapa orang yang selalu mengganggap Bulan tersebut spesial.

Desember identik dengan perayaan Natal, pada hari tersebut banyak pernak pernik dan hiasan yang turut serta memeriahkan hari yang sakral tersebut. Natal bukan saja identik dengan pernaik pernik, namun juga sangat erat kaitannya dengan makanan khas yang unik dan menarik.

Beberapa negara di dunia khususnya Eropa selalu memiliki cara tersendiri dalam menyajikan makanan khas Natal untuk disajikan bersama keluarga. Beberapa hidangan yang disajikan bahkan menjadi tradisi dan khas masing-masing negara tersebut.


Berikut beberapa makanan dan aneka kue kering khas Natal dari berbagai Negara di Eropa.

1. Stollen dan Gingerbread

Stollen dan Gingerbread merupakan kue khas dari Negara Jerman yang selalu ada dalam perayaan Natal. Stollen sendiri terbuat dari mentega, telur dan tepung yang dicampur dengan aneka biji-bijian serta buah-buahan kering dimana diatasnya ditaburi gula halus yang menyerupai butiran salju.

Sementara Gingerbread adalah kue kering yang terbuat dari kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, bunga pala dan juga kapulaga bubuk. Untuk lebih menambah citarasa, Gingerbread biasanya juga di tambahkan kacang almond sebagau hiasan.

2. Krumkake

Bentuknya memang seperti kue krim cohe, namun Krumkake merupakan satu diantara kue unik yang sering disajikan saat natal dimana kue ini berasal dari negara Norwegia.

Dengan motif cantik pada cone-nya, Krumkake biasanya diisi dengan whipe cream yang dicampur dengan buah berry atau selai buah lainnya. Selain lezat, Krumkake juga cukup simple dan mudah untuk dibuat.

3. Penattone

Saat Natal tiba, negara Italia sering menyajikan Penattone sebagai salah satu sajian lezat bersama keluarga. Layaknya kue Stollen, Penattone juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada Cupcake.

Ketika disajikan, Penattone selalu diisi dengan beragam isian yang terdiri dari berbagai macam mulai dari buah-buahan kering hingga biji-bijian yang lezat.

4. Oliebollen

Dilihat dari aksen namanya, pastinya Anda sudah tahu dari mana kue ini berasal, ya Oliebollen adalah salah satu kue khas Natal dari Negeri Kincir Angin, Belanda.

Oliebollen biasanya ditemukan pada musim dingin dan selalu dihidangkan terutama saat menjelang Christmas hingga Tahun Baru. Bahan untuk membuat Oliebollen termasuk sangat simple dan mudah di dapakan mulai dari gandum, telur, soda kue hingga susu.

Agar semakin lezat dan menarik, Oliebollen biasanya juga ditambahkan dengan bahan lainnya seperti Kismis dan irisan buah Apel.

5. Lussekat

Jika Anda pernah berkunjung ke Swedia dan Finlandia saat Natal, maka Anda akan menemukan kue Lussekat yang memiliki rasa lezat dan tekstur yang menarik.

Lussekat biasanya di bumbui dengan saffron, kayu manis dan buah segar. Meskipun bentuknya kecil, namun roti ini sangatlah diminati terlebih dengan bentuknya yang berbentuk huruf S dan berwarna kuning pekat.

Itulah beberapa kue yang sering disajikan masyarakat Eropa ketika Natal tiba. Kue mana favoritmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar