Selasa, 03 Juli 2012

Motor Apa yang Paling Pas Untuk Berpergian?



MOUTONG - Menjelang masuk babak akhir, perjalanan Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo 2012 bukannya semakin ringan. Jalan yang dilalui justru semakin berat dan menguji ketahanan rider dan Honda Absolute Revo terutama saat meninggalkan Palu menuju Moutong, Kabupaten Donggala.

Kondisi jalan dari Palu menuju Moutong kemarin merupakan jalan terberat yang pernah dilalui rombongan Ekspedisi Nusantara. Baru start dari kota Palu menuju Toboli, para rider Honda Absolute Revo sudah menghadapi perbuktian terjal dengan tikungan sangat tajam. Belum lagi perbaikan jalan yang membuat jalan dipenuhi tanah dan bebatuan.

Menurut Hendra, rider dari Komunitas Blade Sulawesi yang kemarin menjadi road captain, jalanan ekstrem menuju Toboli seharusnya tidak seberat sekarang. Hal ini dikarenakan proyek perluasan jalan yang banyak ditemui di sepanjang jalur ini.

”Itu kan bukit dikeruk supaya jalannya lebar dan nggak longsor. Jadinya banyak debu dan tanah. Ini yang membuat jalanan penuh debu berterbangan. Sudah tiga bulan ini jalan buka-tutup untuk memberi kesempatan perbaikan jalan,” ujar Hendra.

Selepas jalan perbukitan, tim harus menyisir Teluk Tomini untuk menuju Moutong. Jalanan sempit, tapi terbayar dengan keindahan pantai yang bersih. Perjalanan ini cukup melelahkan dengan waktu tempuh lebih dari 10 jam.

Trek berat penuh tanjakan dan tikungan tajam dengan kondisi jalan yang rusak parah, Trans Sulawesi membutuhkan motor yang tahan banting. Honda Absolute Revo terbukti menjadi yang paling pas. Motor bebek ini jadi pilihan utama masyarakat di Sulawesi dengan masih menjadi penguasa pasar segmen bebek low end di berbagai daerah di Sulawesi. Revo berkontribusi untuk menjadi salah satu moda transportasi di daerah yang terpencil dengan medan yang sulit.

Di sepanjang jalan banyak dijumpai dealer-dealer kecil yang menjual motor Honda. Utama Motor di Pasang Kayu, Mamuju Utara adalah salah satunya. Dealer ini baru buka sekitar enam bulan lalu. Ternyata Honda Absolute Revo masih menjadi produk unggulan. ”Setiap bulan kami bisa menjual 20 sampai 50 motor. Kebanyakan Revo dan motor-motor matik,” ujar Herianto, owner Utama Motor.

Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo 2012 masih menyisakan dua hari perjalanan menuju Manado. Hari ini rombongan bergerak dari Moutong menuju Gorontalo, Sulawesi Utara. Pesisir Teluk Tomini masih menjadi menu utama riders. Diperkirakan jarak yang akan ditempuh adalah 302 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar