Senin, 15 Desember 2014

4 Jenis Icing Untuk Membuat Cake Tampak Luar Biasa


Kue adalah kudapan lezat yang disukai semua usia. Dengan semakin berkembangnya tingkat kreativitas seseorang, cake kini memiliki banyak varian dan jenis yang mana jenisnya tersebut memiliki tingkat kelezatan yang berbeda-beda.

Beberapa jenis cake tersebut diantaranya cupcake yang berbentuk mangkok, aneka kue kering lezat yang dipadukan dengan rasa buah-buahan serta cake yang dihias dengan meriah menggunakan icing.

Berbicara tentang icing, icing dan glazes adalah penutup kue dengan bahan dasar tepung gula, air dan putih telur yang dapat diberi rasa atau warna sesuai dengan selera orang yang membuatnya.


Icing biasnya digunakan dalam tahapan akhir dalam penyajian cake yang mana icing bukan saja membuat rasa semakin kuat dan lezat namun juga menjadikan dekorasi yang sangat cantik dan bentuk yang juga indah pada penyajian kue.

Selain dapat digunakan untuk menutup permukaan kue, sebagai hiasan pada kue kering, icing juga berfungsi untuk membuat ornamen-ornamen penghias kue dengan beragam bentuk dan warna.

Banyak icing yang bisa digunakan untuk membuat kue, beberapa diantaranya sangat familiar di dalam dunia pastrie sehingga sangat sering digunakan. Berikut beberapa icing yang dapat Anda pilih untuk membuat kue terlihat luar biasa.

1. Royal Icing

Bahan utama dalam pembuatan royal icing adalah putih telur dan gula halus, sedangkan bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatan icing jenis ini adalah cream of tar-tar/cuka.

Cream of tart pada royal icing sangatlah spesial karena dapat mengikat cairan yang ada pada putih telur agar menyatu dengan baik bersama komponen lain dalam putih telur dan gula.

Umumnya Royal Icing memiliki warna putih mengkilap dan biasanya digunakan untuk menghias beberapa kue saja seperti kue pernikahan atau kue untuk acara Natal.

2. Fondant

Fondant hampir seperti royal icing dimana pembuatannya dengan memasak gula pasir, air, glucose dan asam lunak, kemudian didinginkan sampai kelihatan ada sedikit kristalisasi.

Dengan berbentuk padat dan sedikit keras, Fondant dapat dibuat dalam jumlah banyak dan mampu bertahan beberapa bulan bila disimpan di dalam tempat hampa udara. Jenis icing ini sangatlah tepat dipilih untuk Anda yang ingin membuat kue ulang tahun untuk si kecil dengan beragam karakter dan hiasan yang menarik.

3. Pastic Icing

Pastic Icing merupakan salah satu bahan dalam dekorasi kue yang banyak digunakan untuk melapisi cake yang akan dihiasi. Umumnya jenis icing ini terbuat dari gula halus dengan warna putih dan teksturnya yang elastis.

Bahan untuk membuat icing ini sangatlah sederhana, Anda hanya perlu mendambahkan sedikit gelatin, glukosa, gula halus yang dicampurkan kemudian bungkus dengan plastik dan simpan dalam wadah kedap udara.

Selain sebagai pelapis cake atau menutup permukaan cake yang akan dihias, plastic icing juga dapat digunakan sebagai penghias kue dengan membentuknya menjadi bentuk-bentuk yang cantik dan menarik menggunakan cetakan, border hingga menggunakan tangan.

4. Glazes

Seperti icing, glazes pun terbuat dari bahan dasar gula atau sirop gula yang dapat diberi tambahan aroma buah-buahan. Ada tiga jenis Glazes yang umumnya digunakan oleh para koki untuk membuat cakenya terlihat luar biasa, diantaranya Water Glazes, Fruit Glazes dan Chocolate Glazes.

Seperti layaknya penggunaan nama dari ketiganya, Glazes tersebut disesuaikan dengan penggunaan yaitu coklat, buah-buahan dan air bening dengan tekstur seperti kristal.

Dengan teksturnya yang sangat cantik dan dapat diformulasikan untuk beragam jenis cake, Glazes menjadi icing favorit bagi para pengguna dan pembuat cake.

Itulah beberapa jenis icing yang dapat Anda gunakan untuk membuat cake tampak lebih cantik. Mana jenis icing yang sering Anda gunakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar