Selasa, 09 Desember 2014

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Anda Berinvestasi


Investasi merupakan salah satu cara menumbukah keuntungan yang banyak dilakukan oleh investor saat ini. Banyak media investasi yang bisa dipilih mulai dari saham, emas hingga investasi reksadana yang sedang melonjak di pasar modal.

Investasi umumnya tidak selalu untung, terkadang Anda investor akan menerima sebuah resiko dan kerugian terkait dengan pola investasi yang ada saat ini. Namun meskipun begitu, Anda harus mencari cara bagaimana investasi yang Anda lakukan tidak berpengaurh buruk terhadap masa depan Anda.

Untuk itu, sangatlah diperlukan pengalaman dan informasi terkait dengan investasi yang akan Anda lakukan agar kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian tidak Anda lakukan.

Jika diperhatikan begitu banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh Investor, yang mana kesalahan-kesalahan tersebut dapat berbuah tidak menyenangkan bagi kelangsungan investasi yang dijalani.


Sebagai sebuah informasi untuk Anda yang sedang merncanakan Investasi, berikut beberapa kesalahan saat berinvestasi yang harus Anda hindari.

1. Tidak tahu tujuan investasi

Ada beberapa alasan mengapa orang tertarik dalam berinvestasi, meskipun pengalaman mereka dalam dunia investor tidaklah banyak. Alasan terbanyak yang sering terjadi adalah ikut-ikutan atau latah.

Kondisi ini biasanya terjadi saat ada berita menggempartkan misalnya naiknya harga emas dalam kurun waktu yang cukup lama. Dengan berita itulah, menjadikan alasan mengapa seseorang tertarik melakukan investasi meskipun dengan pengalaman yang minim.

Ikut-ikutan berinvestasi tanpa mengetahui tujuan dan informasi tentang investasi sangatlah tidak disarankan, karena hal tersebut akan membuat Anda buta terkait apa tujuan sebenarnya dari Investasi.

2. Tidak memikirkan aspek jangka panjang

Banyak dari calon investor pemula, hanya ingin mendapatkan keuntungan jangka pendek saja, padahal time horizon suatu produk investasi sangat tergantung dari jenis investasi yang Anda lakukan dan berapa lama Anda menunggunya.

Dengan melakukan investasi namun tidak mendapatkan income tentu kenaikan modal yang Anda investasikan tidak akan bertambah, sehingga Anda pun harus memaksimalkan investasi yang ada dan kelola dengan sebaik mungkin agar keuntungan jangka panjangnya pun bisa Anda dapatkan.

3. Investasi dalam satu wadah

Pepatah mengatakan 'jangan meletakan telur dalam satu wadah, karena apabila pecah satu semuanya juga pecah' hal tersebut sangatlah tepat untuk menggambarkan pola investasi yang ada saat ini.

Hindari menanamkan semua modal yang Anda miliki dalam satu media investasi karena apabila terjadi diversifikasi atau penurunan maka habislah sudah modal yang Anda miliki. Inilah yang dinamakan pola investasi dan harus sebisa mungkin Anda manfaatkan.

4. Mengambil resiko terlalu besar

Resiko dalam berinvestasi pastilah terjadi, dan Anda dituntut sebisa mungkin bagaimana mengolah resiko tersebut agar bisa menguntungkan Anda tidak hanya membuat kerugian pada modal Anda.

Untuk Anda yang pemula dalam berinvesatasi jangan tergiur dengan resiko besar meskipun income yang akan Anda dapatkan cukup besar pula. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan investasi dengan seimbang dan mengambil resiko yang terjangkau dengan kemampuan Anda.

5. Tidak punya cukup keberanian

Cara memulai menjadi Investor yang hebat adalah dengan memulailah berinvestasi. Pastikan Anda berani melangkah dalam pasar modal karena hal tersebut bisa membuat masa depan Anda semakin berkembang.

Pilihlah media investasi yang dikira baik dan mulai juga mempelajari ilmu pengetahun tentang seluk beluk dunia investasi beserta produk-produknya, kemudian pahami resiko yang mungkin ada serta miliki strategi mengelola resiko investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar