Kamis, 28 Februari 2013

Profil Chris John, Juara Tinju Dunia


Yohannes Christian John begitulah nama lengkap dari pria yang sering memakai sarung tangan tinju sebagai kegemarannya itu di arena tinju. Chris John lahir di Banjarnegara, 14 September 1979. Pria yang berumur 33 tahun ini merupakan seorang petinju Indonesia yang pernah menjuarai tinju dunia.

Pria yang mendapatkan julukan The Dragon ini pertama kali mengawali karirnya sebagai petinju pada tahun 1998 dalam debut melawan Firman Kanda, ketika itu Chris John menang angka dalam pertandingan 6 ronde. Chris John mulai melambung tinggi saat dirinya berhasil menghempaskan dominasi petinju idola saatu itu, Muhammad Alfaridzi dalam pertandingan 12 ronde.


Kesempatan emas Chris John terjadi saat dirinya menantang Oscar Leon dari Kolombia pada 26 September 2003 di Bali. Chris John menang dengan angka yang tipis pada 12 ronde tersebut dan dinyatakan menyandang gelar juara dunia WBA sementara.

Chris John dengan perkasa mengalahkan lawannya dari Jepang, Osamu Sato di Ariake Colliseum dengan mutlak yang menggunakan sarung tangan tinju Chris John. Pada kemenangan tersebut membuat nama Chris John langsung meroket dan sangat populer di Jepang bahkan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar