Jumat, 03 Agustus 2012

Cara Olahraga Para Penderita Penyakit Jantung!


Melakukan gerak badan secara teratur banyak disarankan untuk mengurangi penyakit kardiovaskular. Namun, tidak sedikit orang yang justru terkena serangan jantung setelah berolahraga. Serangan jantung yang timbul usai berolahraga itu, menurut dr.Grace Tumbelaka, Sp, biasanya terjadi pada orang yang punya risiko penyakit jantung atau pada mereka yang jantungnya tidak terlatih namun nekat berolahraga.

Berikut adalah Tips Olahraga Sehat Untuk Penderita Jantung :

1. Ikuti aktivitas kebugaran
Seperti berjalan kaki dan berenang, berbeda dengan olahraga yang bersifat kompetisi seperti tenis tapi pilih aktivitas olah raga yang tidak bentrok juga dengan jantung dan tubuh anda jika ada alergi. Karena resiko terjadinya alergi lebih besar pada orang yang punya penyakit jantung.

2. Istirahat Sehabis Makan.
Tunggu 2 atau 3 jam sesudah makan kenyang baru berolahraga. Bila hanya sarapan, tunggu 1-2 jam sebelum berolahraga. Juga hindarkan mandi seketika sesudah atau sebelum selesai berolahraga.

3. Berpakaian
Pakai pakaian yang sesuai, enteng, seperti sepatu yang cocok. Pakailah pakaian berlapis dan bila terasa panas diganti. berenang atau bersepeda santai minimal 30 menit sehari selama minimal 5 hari dalam seminggu.


4. Melakukan Aktivitas
Aktivitas yang melibatkan banyak otot. Semakin banyak otot yang terlibat dalam suatu aktivitas, jantung akan bekerja semakin keras, sehingga jantung juga akan semakin kuat. Olahraga seperti mendayung, berenang, cross country, ski dan berjalan dengan tongkat merupakan contoh aktivitas yang melibatkan banyak otot tanpa mencederai otot. Anda bisa menambah interval atau jeda untuk memaksimalkan manfaat.

5. Latihan beban
Ini merupakan salah satu bentuk latihan interval. Anda meningkatkan detak jantung selama melakukan pengulangan dan kembali melakukan pemulihan di antara set.


6. Latihan yang menguatkan otot perut
Anda bisa mencoba pilates. Olahraga ini, terang Agatston, berfungsi menguatkan otot-otot perut serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan. Yoga. Yoga membuat Anda rileks, sehingga menurunkan tekanan darah, membuat pembuluh darah lebih lentur dan memperbaiki kesehatan jantung. Selain itu, yoga juga menguatkan otot perut.


7. Aktif sepanjang hari
Orang yang aktif sepanjang hari (misalnya dengan membersihkan rumah, berkebun, atau mengerjakan tugas lainnya) membakar lebih banyak kalori dan secara umum lebih sehat dibandingkan mereka yang berolahraga selama 30 hingga 60 menit dan sisanya duduk di depan komputer.

Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga tips diatas dapat bermanfaat.

Ingin info lebih lanjut? Klik disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar