Rabu, 29 Agustus 2012

Manfaat Multivitamin Dalam Tubuh



Semua makhluk pasti memerlukan energi untuk dapat hidup. Cuma tidak semua energi yang dihasilkan itu adalah baik. Menghasilkan energi yang baik bagi tubuh sebenarnya sangat mudah. Mengkonsumsi makanan sehat, menghirup udara segar dan mengkonsumsi multi vitamin yang cukup bagi tubuh. Nah, yang merusak tubuh dan membuat energi cepat berkurang adalah karena kontaminasi dari radikal bebas.

Asap rokok adalah satu jenis bahan radikal bebas. yang dapat merusak jaringan tubuh terutama paru-paru. Tubuh memang memiliki zat untuk menawarkan racun-racun tersebut, tapi jika terlalu sering maka zat itu akan melemah atau bahkan rusak. Lagi pula, membersihkan paru-paru dan anggota tubuh lain, itu memerlukan waktu.
Contoh zat dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari zat anti oksidan alami adalah enzim superoksida dismutase, katalase, dan glutation peroksidase.

Antioksidan sendiri berarti senyawa yang dapat mencegah terjadinya peristiwa oksidasi atau reaksi kimia lain yang melibatkan molekul oksigen. Glutation, CoQ10, dan gugus tiol pada protein, serta vitamin dapat menjadi pengganti dari zat antioksidan. Beberapa jenis vitamin telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Vitamin C dan vitamin E telah terbukti cukup berperan dalam meningkatkan zat anti oksidan dan berfungsi sebagai antioksidan yang baik.

Vitamin E dapat membantu melindungi tubuh dari oksidasi senyawa radikal bebas. Vitamin ini juga dapat bekerja dalam kondisi radikal bebas yang tinggi sehingga mampu dengan efisien dan efektif menekan reaksi perusakan jaringan di dalam tubuh melalui proses oksidasi. Sedang kan vitamin c berguna sebagai antioksidan didalam cairan sel. Selain itu, vitamin C juga dapat memulihkan kondisi tubuh akibat adanya reaksi oksidasi dari berbagai senyawa berbahaya.

Jika radikal bebas dalam tubuh sudah terlalu banyak maka jangan heran jika penyakit dalam tubuh bertambah seperti stroke (Bisa jadi karena kalah judi bola), kanker, arterosklerosis, penyakit jantung, katarak, alzhemeir, dan rematik. Bagi orang yang memiliki sejarah penyakit kronis tersebut dalam garis keturunannya, dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C dan E sebagai sumber senyawa antioksidan. Selain itu, suplemen multi vitamin juga dapat turut membantu mengatasi masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar