Selasa, 07 Agustus 2012

Tips Manjur Tetap Sehat Selama Puasa


Hallo para pembaca, bingung nih lagi puasa enaknya ngapain ya buat isi waktu pagi hari? Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips agar kita bisa tetap sehat selama puasa. Karena untuk bisa tetap sehat selama puasa itu tidak lah sulit.

Yuk kita simak bacaannya. Puasa di bulan suci ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan. namun tidak jarang tubuh tetapp lemah bahkan sampai jatuh sakit karena dipaksa untuk terus beraktivitas seperti biasanya sementara makan dan minum di stop karena ibadah puasa.

Faktanya, meski sedang puasa dan tetap menjalani aktivitas kantor seharian, kesehatan itu tetap perlu anda perhatikan. Tentunya anda tidak ingin kan puasa menjadi terganggu karena tubuh anda yang tidak sehat. mari kita simak tips untuk menjaga kesehatan tersebut.

Minum yang cukup
Selama bulan puasa, memang kita di tuntut untuk berpuasa secara penuh dan memungkinkan bagi kita untuk terkena dehidrasi. Maka setelah berbuka puasa anda harus minum dalam jumlah yang banyak. Minum tidak hanya bisa membantu kita terhindar dari dehidrasi tetapi jika kita tau manfaat dari minum air putih, itu juga bisa membantu kita menjadi awet muda. Pada saat sahur pun anda harus tetap minum. Kebutuhan hidraasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

Makan yang sehat.
Diet sehat pada saat berbuka tak ada salahnya anda terapkan. Kue dan makanan dengan rasa manis sebaiknya jangan disantap dengan berlebihan atau dalam jumlah besar. Sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan anda, pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi  dengan cepat dan menjaga daya tahan tubuh anda.

Hindari Makan Terlalu Banyak
banyak orang yang ketika berbuka puasa selalu menyiapkan makanan yang banyak. padahal seharusnya puasa tidak identik dengan makan yang berlebihan. Bukan cuma mengganggu tubuh, makan berlebihan akan berdampak ngantuk saat shalat tarawih.

Tetap Makan Tiga Kali Sehari.
Puasa memang dimulai dari matahari terbit hingga terbenam. Namun, Anda masih bisa menerapkan pola makan tiga kali sehari. Pertama saat bersahur, kedua ketika berbuka, dan terakhir sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

Jangan Langsung Berbuka Dalam Porsi Besar
Memang setelah menjalani ibadah puasa seharian pastinya perut kita menjadi terasa lapar. Tapi bukan berarti saat berbuka kita boleh melampiaskan segala kelaparan kita dengan menyantap makanan dalam porsi yang besar. Karena itu baiknya kita mulai dengan memakan sup, kolak, atau makanan pembuka lainnya dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

Makan Buah-Buahan Saat Sahur.
Sebaiknya Anda jangan meninggalkan buah-buahan sebagai asupan vitamin. Makanlah disaat sahur beserta sumber karbohidrat seperti nasi dan umbi-umbian. Jenis makanan ini akan bertahan hingga berbuka puasa. Mengkonsumsi beberapa multi vitamin dari bahan spirulina juga dapat membantu aktivitas anda saat puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

Tidur di Awal Siang.
Bila memungkinkan sempatkan lah diri anda untuk tidur siang. Karena tidur siang membantu anda untuk mengumpulkan energi selama puasa. Selain itu, tidur mengurangi aktivitas anda diluar rumah yang memungkinkan anda terkena matahari dan menjadi dehidrasi.

Minimlakan penggunaan tenaga fisik.
Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan puasa. Di anjurkan agar para atlet untuk mengurangi jatah latihannya sebelum berbuka.

Monitor Gula.
Bagi penderita diabetes, wajib secara teratur mengontrol gula darah, minum air yang cukup, serta jangan makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

Konsultasi pada Dokter Jika Memiliki penyakit.
Puasa mestinya tidak mengganggu status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyususi, lansia, pasien hipertensi penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa ramadhan. Jika puasa tetap dijalankan, berkonsultasilah kepada dokter saat merasakan  tanda-tanda gangguan kesehatan, jangan lupa pula untuk mengecek kesehatan sebelum berpuasa dan sesudah berpuasa.

Sekian tips dan trik untuk menjalankan puasa agar tetap sehat dari saya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar