Kamis, 17 Januari 2013

Dulu Soekarno Ingin Pindahkan Ibukota Ke Palangkaraya

Jakarta yang sekarang ini menjadi ibu kota negara Republik Indonesia nampaknya sudah tak memiliki kata ideal lagi bagi sebagian warga negara Indonesia. Kota ini memiliki beberapa masalah seperti kemacetan, padatnya penduduk, banjir dimana-mana bahkan hinga pembangunan rumah dan gedung tak terencana.

Andrinof sebagai Pakar kebijakan publik mengatakan bahwa ingin mengusulkan jika Kalimantan bisa menjadi lokasi yang tepat untuk memindahkan ibukota, hal ini bisa diliat dari masalah sekarang ini yaitu banjir.

Sebenarnya pemimpin pertama kita, Soekarno sudah memprediksi bahwa Jakarta bukanlah kota yang dapat dijadikan ibukota. Karena sebelumnya Soekarno sudah meramalkan Jakarta akan tumbuh menjadi kota yang tak terkendali.

Dahulu Soekarno bahkan hingga ingin memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya. Di sana menurut Soekarno merupakan tempat yang cocok selain itu Palangkaraya juga termasuk kota yang ada di dalam salah satu pulau terbesar di Indonesia.

Jakarta sendiri merupakan kota peninggalan Belanda sebenarnya dan Soekarno ingin membangun sebuah kota dengan konsep sendiri dan bukanlah peninggalan penjajah seperti dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar