Senin, 05 Oktober 2015

5 Fakta Mengapa Raja Ampat Mampu Memikat Dunia



Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? keindahan tempat yang satu ini sudah sangat mendunia bahkan digadang-gadang sebagai tempat terindah di dunia saat ini.

Keindahan Raja Ampat  memang sudah tidak diragukan lagi. Terletak di Provinsi Papua Barat, Raja Ampat merupakan angkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua.


Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata alam khususnya laut yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Dengan semakin banyaknya tiket pesawat online dari Air Asia, menjadikan Raja Ampat mudah dicapai untuk dinikmati keindahannya.

Sebenarnya, apa sih yang membuat Raja Ampat begitu istimewa dan seberapa indahkah wisata bawah lautnya? yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. "Hutan Amazon" Bawah Laut 

Jika Hutan Amazon yang terletak di Amerika Selatan sana kesohor karena ekosistem dan spesies daratnya yang sangat banyak, maka Raja Ampat terkenal karena perairannya layaknya Hutan Amazon karena saking lengkapnya.

Di tempat ini, para penyelam bisa menjumpai banyak jenis ikan dan karang, mulai dari Papuan Epaulette, hiu karpet Wobbegong Shark, kuda laut jenis pigmy yang sebesar ruas kelingking hingga ikan besar dengan bentang sayap mencapai lima meter.

Banyak yang menyebut Raja Ampat adalah perpustakaan hidup karena disini tersimpan koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di seluruh dunia.

2. Tak Sengaja "Ditemukan"

Kecantikan Raja Ampat memang tidak diragukan lagi, namun tahukah Anda jika ternyata tempat yang cantik ini sebenarnya tidak sengaja di temukan?

Raja Ampat mulai mendunia pada tahun 1990, dimana saat itu seorang penyelam berkebangsaan Belanda bernama Max Ammer mengunjungi kawasan ini. Tujuan awalnya adalah untuk menelusuri keberadaan pesawat dan kapal yang digunakan dalam Perang Dunia II.

Saat melakukan penelitian, Max Ammer tidak sengaja menemukan Raja Ampat yang seketika saja membuatnya jatuh cinta karena keindahan dan keberagaman biota lautnya.

Pencarian bangkai kapal dan pesawat itu sendiri ternyata juga membuahkan hasil. Di dasar laut kepulauan Raja Ampat ditemukan beberapa peninggalan bekas perang, seperti mesin perang, kapal dan pesawat terbang bekas perang dunia II. Jadi, bisa dibilang, kekayaan Raja Ampat bukan hanya keragaman biotanya saja, namun juga kekayaan historisnya.

3. Asal Mula Nama Raja Ampat

Nama Raja Ampat jika di artikan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti "Empat Raja" yang maksudnya adalah empat orang raja yang menguasai empat kerajaan tersebut, yakni Waigeo, Misool, Salawati, and Batanta.

Nama Raja Ampat diambil dari cerita rakyat yang ada di wilayah tersebut. Dalam cerita tersebut, dikisahkan bahwa pada zaman dulu sepasang suami menemukan telur naga yang menetas dan keluar bayi manusia. Bayi tersebut kemudian menjadi raja yang menguasai 4 pulau besar yang ada saat ini.

4. Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, Raja Ampat pun menjadi destinasi utama yang dikunjungi oileh para wisatawan yang ingin mengeksplorasi nuansa bawah lautnya.

Ada beberapa spot yang sangat terkenal di Raja Ampat untuk melakukan Diving. Seperti Manta Point, dimana disini Anda bisa menemukan Ikan Manta dengan diameter 9 meter, Kaboei Bay Rock yang memiliki keindahan gua-gua karangnya yang dipenuhi kelelawar, hingga Shark Point yang merupakan tempat favorit melihat beragam aneka hiu-hiu cantik.

5. Terumbu Karang Terindah Ada Disini

Raja Ampat menjadi surga bagi terumbu karang. da beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier, Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayang.

Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. agi yang tidak bisa menyelam pun, terumbu karang juga masih bisa dinikmati, yaitu di kampung Saondarek.

Itulah beberapa fakta menarik yang menjadikan mengapa Raja Ampat begitu populer dan mampu memikat mata dunia. Dengan keindahannya, tidak salah jika Anda memasukan Raja Ampat kedalam list liburan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar