Rabu, 25 Juli 2012

Anak Susah Makan Sayur? Ini Solusinya...


Jika anak anda termasuk anak yang suka pilih - pilih makanan dan tidak menyukai sayuran sama sekali, anda harus coba mengurangi konsumsi minuman manis pada anak dan menggantinya dengan air putih biasa. Minum air tawar dapat meningkatkan nafsu makan anak terhadap sayuran.

Peneliti dari Amerika, T.Bettina Cornwell dan Anna R.McAlister melakukan survei terhadap 60 orang dengan usia antara 19 hingga 23 tahun. Koresponden tersebut diminta untuk memilih berbagai macam kombinasi makanan dan minuman yang akan disajikan untuk anaknya.

Selanjutnya peneliti juga melakukan pengujian terhadap 75 anak dengan usia antara 3 samapai 5 tahun untuk memilih antara minuman yang manis atau air biasa. Selain itu anak juga diminta memilih antara makanan ringan atau sayuran

Anak yang sebelumnya telah minum soda akan lebih memilih makanan ringan yang asin dan padat kalori daripada sayuran. Sedangkan anak yang sebelumnya telah minum air tawar cenderung lebih banyak memilih makan sayuran seperti wortel atau paprika merah. padahalh sayur sangat baik untuk kesehatan.

Sehingga dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa air tawar dapat meningkatkan nafsu makan terhadap sayuran, sedangkan minuman bersoda yang manis akan membuat anak lebih memilih makanan ringan dengan rasa asin. Hal tersebut terjadi karena perpaduan rasa yang pas di lidah antara sayuran dengan air putih dan soda dengan makanan asin.

Orangtua harus mendorong anak-anaknya untuk minum air pada saat makan karena fungsinya bukan hanya dapat menghilangkan dehidrasi semata, tetapi juga dapat membuat anak anda lebih akrab dengan sayuran yang baik untuk tubuhnya. Imbangi pula dengan beberapa vitamin seperti spirulina, karena multi vitamin dapat membantu nafsu makan dan berat badan anak.

Baca juga artikel lainnya di :


2 komentar:

  1. Kalau saya sih kadang sayur sy campur dlm olahan makanan kesukaan anak.Kebetulan anak sy suka sekali nugget, naah sy bikin deh sendiri nugget dgn campuran sayur n tambahan keju. Tapi kadang kalau sy tdk sempat bikin sendiri, sy biasa pesan nuggetsehat ny.Gouw, krn nugget ini jg ternyata ada campuran sayur n tanpa tambahan msg n pengawet waaah rasanya senang sekali, apalgi waktu melihat si kecil bs makan sayur tanpa mereka sadari. bs hub. 012-91868900, www.NuggetSehat.com

    BalasHapus
  2. Informasi yg menarik terima kasih banyak, memang merupakan problem umum sebagai orang tua, jika masih susah, Vemma Nutrisi cair bisa dijadikan salah satu nutrisi pengganti http://blog-vemma-indonesia.blogspot.com/.

    BalasHapus