Minggu, 23 September 2012

Mengungkap Mitos Lima Menit


"Belum lima menit", kalimat tersebut sering kali dikatakan ketika makanan terjatuh ke bawah. Dan apakah makanan yang sudah jatuh tersebut masih dapat dikonsumsi jika masih belum 5 menit?

Orang percaya bahwa kuman serta bakteri memerlukan waktu untuk dapat mengontaminasi makanan yang sudah terjatuh dan menurut orang Indonesia mengatakan sebelum 5 menit makanan terjatuh maka mikroba belum dapat mengontaminasi makanan yang sudah terjatuh dan di anggap masih dapat dimakan.

Itu semua tidak benar, sebenarnya ketika makanan yang sudah terjatuh jangankan 5 menit. Satu detik saja ada sekitar 300 bakteri yang sudah dapat masuk bahkan menyebar di seluruh makanan dan ketika 1 menit itu jumlah bakteri yang ada bisa mencapai 20 kali lipatnya.

Lantai merupakan tempat berkumpulnya bakteri bahkan lantai sebersih apapun juga pasti memiliki bakteri. Bakteri, virus hingga jamur yang berada di lantai itu dapat menimbulkan penyakit yang cukup membahayakan.

Kuman ini bisa saja berada dilantai manapun, mulai dari lantai ruang tamu hingga lantai toilet, penyakit yang ditimbulkan seperti TBC, kusta, pes dan typhus.

Sebenarnya mitos ini tentang memungut kembali makanan yang sudah jatuh mungkin karena ia merasa bersalah yang sudah membuang-buang makanan, sementara diluar sana masih ada saja orang yang kelaparan akibat kekurangan makanan.

Aturan seperti itu sebenarnya hanyalah mitos dan juga hanya kebiasaan para nenek moyang yang sekarang ini masih dibawa dan dipercaya oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar